Manfaat Buah Timun: Baik untuk Darah dan Detoks Tubuh

Timun merupakan makanan yang mudah sekali kita ditemukan, entah dalam bentuk acar, lalapan, atau minuman. Tanaman yang disebut buah oleh ahli botani dan sayur oleh ahli nutrisi ini pun menyimpan gizi yang berlimpah. Simak yuk apa saja manfaat buah timun itu di artikel kali ini.

Kandungan Gizi di Dalam Timun

Timun menyimpan sumber vitamin dan mineral yang banyak. Kekayaan nutrisi ini pun dilengkapi jumlah kalori yang rendah serta air yang mencapai 96% dari keseluruhan timun itu sendiri. Berikut beberapa nutrisi yang terkandung di dalam timun.

  • Energi: 45 kalori
  • Lemak: 11 gram
  • Karbohidrat: 11 gram
  • Protein: 2 gram
  • Serat: 2 gram
  • Vitamin C: 14% dari angka kecukupan gizi (AKG)
  • Vitamin K: 62% dari AKG
  • Magnesium: 10% dari AKG
  • Kalium: 13% dari AKG
  • Mangan: 12% dari AKG

Manfaat Buah Timun yang Baik untuk Kesehatan

  1. Menghidrasi Tubuh

Sebagian besar tubuh kita mengandung air. Dan, jumlah air yang mencukupi di dalam tubuh yang terhidrasi akan membuat suhu tubuh lebih teratur. Air juga penting dalam proses pembuangan zat sisa ke luar tubuh hingga pembawa nutrisi ke seluruh tubuh.

Sebagian besar kebutuhan akan asupan cairan dalam tubuh bisa dicukupi dengan konsumsi air atau cairan lainnya. Tapi, orang juga bisa mendapatkan asupan cairan tersebut lewat makanan. Bahkan beberapa orang mendapatkan 40% asupan air harian dari makanan.

Timun, seperti halnya sayur dan buah yang lain, dapat menjadi sumber asupan air yang baik untuk pola makan Anda. Apalagi ia menyimpan jumlah air hingga 96% dari total buahnya sendiri. Tubuh tentunya dapat terhidrasi dari konsumsi timun yang segar ini.

  1. Mendukung Penurunan Berat Badan

Timun bisa pula dimasukkan dalam diet untuk menurunkan berat badan. Ini dikarenakan kalorinya yang sangat rendah. Buahnya sendiri mengandung 16 kalori dalam penyajian 104 gram. Berat seluruh 300 gram mentimun pun tidak sampai 50 kalori.

Kalori yang rendah ini dapat menjadi alternatif makanan tinggi kalori yang membuat tubuh terisi tanpa harus menjadi beban bagi berat badan Anda. Apalagi, kelebihan dari timun ini juga ditambah dengan nutrisi yang banyak, menjadikan timun sebagai pilihan untuk pola makan sehat.

  1. Untuk Detoksifikasi Tubuh

Timun termasuk dalam tanaman keluarga Cucurbitaceae yang memiliki kelebihan dalam memiliki senyawa bernama cucurbitacin. Senyawa ini dapat mendukung fungsi saluran pencernaan dan hati.

Timun juga merupakan makanan yang menyimpan efek diuretik alami. Ini adalah manfaat buah timun lainnya yang dapat membantu tubuh memproduksi lebih banyak urine guna membawa racun, sodium, dan zat sisa lainnya ke luar tubuh.

Efek diuretik juga membantu hati mengeluarkan lebih banyak sodium ke dalam urine. Sodium yang terikat dengan air dalam darah akan berkurang dan membuat jumlah cairan dalam pembuluh darah menurun. Hal ini akan memperkecil tingkat tekanan darah.

Lewat proses diuretik ini pula, timun dapat menurunkan kemungkinan perut kembung dan simpanan air yang membuat tidak nyaman, khususnya setelah meminum alkohol.

Ternyata di balik kesederhanaan timun mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan. Karenanya, memasukkan timun dalam menu makan harian sangat bagus terlebih karena ia mengandung kalori serta lemak yang sedikit.

Itu tadi manfaat mengonsumsi timun untuk tubuh. Bagi Anda yang ingin membeli timun dengan kualitas terbaik dan segar dapat membelinya di TaniHub.

TaniHub merupakan tempat belanja sayur dan buah online terbaik saat ini. Produk yang dijual pun sangat beragam, selain timun, di TaniHub juga menjual buah, sayur, bumbu, telur & unggas, kebutuhan masak hingga sembako.

Belanja di platform ini pun terbilang sangat mudah, cukup akses websitenya di https://TaniHub.comĀ  atau download aplikasinya di Play Store dan AppStore. Pesan produk yang Anda inginkan, bayar dan tinggal tunggu #dirumahaja, kurir TaniHub akan langsung mengantarkannya